Moleskine Smart Writing Set Ubah Oretan Tangan Jadi Bentuk Digital




KOMPAS.com - Buku catatan berbahan kertas memang asyik untuk dipakai menulis atau menggambar. Bagaimana jika hasil corat-coret tersebut bisa langsung dipindahkan ke perangkat digital tanpa harus pusing memikirkan proses tambahan seperti scanning?

Itulah yang dimungkinkan oleh produk baru bernama Smart Writing Set dari Moleskine, sang pembuat buku catatan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Sabtu (9/4/2016).

Smart Writing Set terdiri dari sebuah buku tulis dan pena khusus yang terhubung dengan iPhone, iPad, atau gadget Android melalui Bluetooth.

Saat pengguna menulis dengan buku catatan dan pena khusus tersebut, hasilnya akan langsung diubah ke format digital dan ditransfer ke gadget yang terhubung. Coretan-coretan ini bisa dilihat lewat aplikasi Notes yang tersedia di kedua platform Android dan iOS.

Aplikasi bisa langsung mentransfer coretan pengguna secara real-time, atau memindahkannya di kemudian waktu apabila pena sedang tidak terkoneksi. Di dalam pena disediakan memori yang bisa menyimpan hingga 1.000 halaman.

Bagaimana cara Smart Writing Set menyulap coretan tinta jadi bentuk digital secara instan? Rahasianya terletak di kombinasi buku dan pena khusus tadi.

Buku yang disebut sebagai “Paper Tablet” itu memiliki tekstur khusus yang bisa dikenali oleh pena, yang bernama “Pen+”. Di dalam pena tersembunyi sebuah kamera inframerah yang memantau gerakan tangan pengguna.

Harga paket buku dan pena dalam Smart Writing Set ini cukup mahal, yakni 199 dollar AS atau sekitar Rp 2,6 juta. Buku notes tambahan dijual terpisah dengan harga 30 dollar AS atau Rp 400.000.

Source: Kompas.com

No comments:

PT. Sahabat Utama Traco. Powered by Blogger.