Rahasia Farras H. Fadhila, Pemenang CHAMPION : Casio Fun Math Competition

Pada bulan Oktober 2016, CASIO Education Indonesia bekerjasama dengan PT. Sahabat Utama Traco dan Binus Center menyelenggarakan sebuah kompetisi matematika dengan tajuk CHAMPION : Casio Fun Math Competition. Kompetisi matematika yang ditujukan kepada murid SMA se-Jabodetabek ini memiliki tujuan untuk mengedukasi murid dan pengajar mengenai pelajaran matematika yang menyenangkan. Berbeda dengan kompetisi matematika lainnya, dalam Casio Fun Math Competition para peserta diwajibkan untuk memakai kalkulator ilmiah CASIO FX-991ID Plus. Dengan memakai kalkulator dalam proses menghitung, siswa diharapkan dapat mengasah kemampuannya dalam mencari cara lebih banyak saat menyelesaikan sebuah soal daripada hanya mencari jawaban yang berpatokan dengan satu cara.



Kompetisi matematika Casio Fun Math Competition ini dimenangkan oleh siswa dari SMA Kharisma Bangsa, Farras Hibban Fadhila. Tidak seperti kebanyakan anak lain, Farras sangat menyukai matematika sejak dia masih duduk di bangku sekolah dasar. Lomba pertamanya dia ikuti saat dia kelas dua SD. Farras mengaku bahwa dia semakin ketagihan belajar matematika semenjak dia mendapatkan peringkat kedua di lomba pertamanya. 



Farras mengungkapkan bahwa kuncinya dalam memahami matematika adalah dengan belajar setiap hari selama 1-2 jam. Biasanya, dia akan memulai dengan mengulang pelajaran yang diberikan sebelumnya di sekolah, setelah itu baru dia mengerjakan soal-soal yang ada. Caranya dalam belajar matematika ini dibenarkan oleh seorang guru besar Universitas Gajah Mada, Widodo. Menurutnya cara belajar yang benar adalah belajar selama 1-2 jam kemudian diberikan jeda 15 menit untuk istirahat sebelum memulai kembali. Proses belajar yang terlalu memaksakan anak dianggapnya tidak akan efektif. Anak akan lelah dan tidak dapat menangkap pelajaran dengan maksimal.

Hal seperti ini lah yang menjadi fokus utama CASIO Education Indonesia. CASIO ingin mengubah cara berpikir sebagian orang di Indonesia yang masih menganggap belajar dalam waktu lama secara terus menerus akan efektif dan mengubah cara pandang murid terhadap matematika yang dianggap pelajaran paling sulit dan membosankan.
Dengan mengubah cara pandang dan berpikir murid, guru dan juga orang tua di Indonesia, diharapkan di masa depan akan semakin banyak anak yang mencintai belajar dan matematika seperti Farras Hibban Fadhila.


No comments:

PT. Sahabat Utama Traco. Powered by Blogger.