Teknik memotong yang aman menggunakan Cutter OLFA


Dalam penggunaan alat perkakas tentu saja harus dipastikan untuk selalu berhati-hati. Tetapi sering kali keamanan dilupakan apabila sedang dalam keadaan terburu-buru  saat membuka kardus yang berat  atau kardus yang dibungkus rapat menggunakan tali, lakban atau stretch film. Saat itulah kesalahan kecil dapat berakibat fatal. Pada kenyataannya, kesalahan kecil di tempat kerja dapat merugikan perusahaan dan karyawan karena akan menyebabkan kurangnya produktifitas dalam bekerja. Selain menyebabkan cedera, penggunaan cutter/alat perkakas lainnya dengan cara yang kurang tepat dapat merusak isi kardus,menyebabkan barang tersebut tidak dapat dijual kembali dan dapat menyebabkan banyak kerugian. Berikut adalah teknik memotong yang aman menggunakan Cutter OLFA.




Teknik memotong yang aman menggunakan Cutter OLFA


1.       Posisi yang Tepat : Pastikan posisi kardus dalam jarak yang aman dari perut, pinggul dan paha. Kemudian saat akan memotong tarik Cutter OLFA menjauhi daerah tubuh. Dan pastikan untuk selalu menjaga jarak dengan rekan kerja atau pelanggan saat anda memotong.

2.       Cutter selalu tajam: Pastikan kembali Cutter OLFA yang anda miliki sudah cukup tajam karena sebuah Cutter yang tumpul membutuhkan tekanan yang lebih banyak agar dapat memotong atau merobek kardus. Selain itu, Cutter yang tumpul membuat potongan jadi tidak teratur dan tidak sesuai garis.  Berhentilah dan ganti mata pisau Cutter OLFA apabila sudah tumpul karena hal ini meningkat kan resiko kecelakaan.

3.       Pedoman Visual: Jangan pernah menggunakan ibu jari Anda sebagai panduan untuk posisi Cutter OLFA. Sebaliknya, sebelum memotong bayangkan potongan anda secara visual dan pegang Cutter OLFA dengan seluruh tangan anda agar tidak terjadi cedera saat memotong.

4.        Jauhkan dari tangan: Pegang karton dengan posisi tangan Anda berlawanan saat Anda memotong. Jauhkan tangan dan jari dari area yang akan dipotong akan menghindari resiko Cutter melukai tangan.

5.       Berbagi Cutter dengan tepat: Pastikan untuk tidak pernah melemparkan atau langsung menyerahkan Cutter OLFA kepada rekan kerja anda. Letakkan lah Cutter OLFA di meja dan biarkan rekan kerja anda mengambilnya.
 
6.       Membuang Mata Pisau: Buang mata pisau yang sudah digunakan dalam wadah penyimpanan mata pisau yang aman. Diharapkan untuk tidak membuang mata pisau ditempat sampah karena mata pisau tersebut memiliki kemungkinan besar dapat melukai orang secara tidak sengaja.

7.       Menjaga Keselamatan saat Cutter terjatuh: Jika Cutter OLFA terjatuh, jangan mencoba untuk menangkap Cutter tersebut biarkan Cutter terjatuh kelantai. Kemudian sebelum digunakan pastikan untuk memeriksa kembali Cutter dan memeriksa kemungkinan kerusakan sebelum menggunakan Cutter  kembali.

8.       Arah stretch film: Tarik stretch film dari isi paletnya sebelum mulai memotong. Potong stretch film dari atas paletnya. Hindari memotong stretch film dari bawah ke atas.

Source: www.olfa.com

No comments:

PT. Sahabat Utama Traco. Powered by Blogger.