Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Menggunakan Kalkulator dalam Pembelajaran Matematika

CASIO sebagai salah produsen kalkulator no.1 di dunia selalu tetap ingin menjaga komitmen mereka untuk terus berkontribusi dalam hal memajukan pendidikan di dunia termasuk di Indonesia. Karena itulah, CASIO tidak pernah berhenti mengkampanyekan penggunaan kalkulator di dalam proses pembelajaran matematika di Indonesia. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika kita menggunakan kalkulator di dalam proses pembelajaran matematika di sekolah.


Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Menggunakan Kalkulator dalam Pembelajaran Matematika:

1.    Kalkulator adalah alat untuk melakukan perhitungan. Begitu pula pikiran kita dengan pensil-kertas. Murid harus diajarkan kapan saatnya menggunakan kalkulator, dan kapan saatnya melakukan mental calculations atau perhitungan dengan pensil-kertas dan mana yang lebih efektif serta sesuai dengan permasalahan. Memilih alat yang tepat adalah bagian dari proses penyelesaian masalah secara efektif.

2.    Sangat penting bagi murid untuk belajar memperkirakan hasil sebelum melakukan perhitungan, karena sangat mudah melakukan kesalahan ketika menekan tombol angka-angka. Murid juga harus belajar untuk tidak mengandalkan hasil pada kalkulator tanpa memeriksa kewajaran dari jawaban.

3.    Sebaiknya kalkulator tidak digunakan untuk mencoba secara acak semua kemungkinan operasi dan melihat mana yang menghasilkan jawaban yang benar. Sangat penting bagi murid untuk memahami perbedaan dari setiap operasi matematika sehingga mereka tahu kapan menggunakan salah satunya ketika melakukan mental calculations, perhitungan dengan pensil-kertas atau perhitungan menggunakan kalkulator.

source : wordpress

No comments:

PT. Sahabat Utama Traco. Powered by Blogger.