Berani Coba? Soal Matematika untuk Anak Usia 6 tahun Ini Sulit Dipecahkan Banyak Orang Dewasa

(Soal matematika viral yang diunggah The Holderness Familiy, California Utara, 10 Jan 2017)

Menemani anak dalam mengerjakan tugas rumah yang diberikan oleh guru mereka merupakan kegiatan yang dilakukan sebagian orang tua. Tujuannya tidak lain adalah untuk membimbing dan memastikan anak mereka menyelesaikan tugas tersebut. Tapi bukan berarti tugas milik anak-anak akan selalu mudah bagi setiap orang tua.
Sebagai contoh, belum lama ini publik sempat dihebohkan dengan soal matematika rumit yang ditujukan untuk anak-anak kelas 1 SD. Diunggah oleh The Holderness Familiy di California Utara melalui situs jejaring sosial Facebook, banyak orang dewasa termasuk para netizen kesulitan dalam menjawab. Pasalnya, bukan sekedar menggunakan rumus dan menghitung, dalam soal tersebut siswa diminta melihat pola dan memprediksi jawabannya. Berikut soalnya :
(Soal dan kunci yang diunggah The Holderness Familiy, California Utara, 10 Jan 2017)
 “Gambar ini menunjukkan huruf yang disusun dalam sebuah pola. Gunakan kunci berikut untuk  menemukan huruf yang hilang.”
Terdapat huruf S – B – G yang disusun secara diagonal, serta kotak kosong – B – P pada diagonal yang lain. Huruf apa yang dapat digunakan untuk mengisi kotak yang kosong? Terdapat kunci pada soal tersebut yang mensubstitusikan huruf dengan sebuah angka. Misal, A = 5, B = 6, C = 7, D = 8, dan seterusnya hingga Z = 30.
Dengan kunci tersebut siswa diminta memprediksi huruf apa yang cocok untuk mengisi kotak kosong yang ada. Soal tersebut viral karena sebagian orang, bahkan orang dewasa tidak bisa menjawabnya. Berbeda dengan soal pada umumnya, soal tersebut lebih mengasah kemampuan siswa untuk kreatif dan peka terhadap pola yang ada.
Tidak berapa lama setelah soal tersebut viral, pihak pengunggah menambahkan keterangan sebagai berikut :
“Ini adalah halaman terakhir dari 7 lembar soal. 6 Halaman sebelumnya hanya berisi soal biasa . Sepertinya gurunya  memang tidak berharap semua siswa mendapat jawabannya. Mungkin soal ini sengaja dibuat sebagai tantangan untuk siswa.”
Penasaran? Berikut Jawabannya :
  •      Pertama, tentukan dulu angka yang dapat menggantikan posisi huruf-huruf tersebut. Yaitu, B = 6, G = 11, P = 20, S = 23.
  •      Selanjutnya, jumlahkan diagonal pertama yaitu S + B + G ( 23 + 6 + 11) = 40. Maka diagonal kedua harus bernilai sama, yaitu 40. ? + B + P = ? + 6 + 20 = 40.
  •       Bilangan yang memenuhi adalah 14, atau jika diwakili huruf adalah huruf J. Mudah bukan? Tidak perlu memprediksi pola yang rumit karena sengaja ditujukan untuk siswa kelas 1 SD.
sumber : dailymail.co.uk
               linetoday

No comments:

PT. Sahabat Utama Traco. Powered by Blogger.