Tanpa Gelar Akademis, Pria Asal Tiongkok Ini Pecahkan Solusi Persamaan Rumit Matematika


(Tanpa gelar pendidikan, Yu Jianchun, pemuda Tiongkok pecahkan solusi persm. matematika)
Gelar akademis memang sedikit banyak menjamin tingkat pendidikan seseorang. Tapi bukan tingkat keilmuannya. Seorang pria Asal Tiongkok membuktikannya. Tanpa gelar akademis, Yu Jianchun memberikan sebuah solusi persamaan matematika yang tidak pernah dilakukan sejak 20 tahun lalu.
Yu Jianchun mengaku, ia selalu memiliki semangat terhadap angka – angka Charmicael (Charmicael Numbers). Bahkan saat membuat pemecahan persoalan tersebut dilakukan pada waktu luang, sambil membangun rumah barunya di kampung. Ia mengaku senang terhadap temuan yang telah dilakukannya. "Aku sangat senang, karena pemecahanku sangat berbeda dengan alogaritma klasik," tutur Yu.
Matematikawan dari University of Missouri, William Banks, menyebutkan bahwa apa yang dilakukan Yu menjadi inovasi yang menggembirakan di bidangnya. Menurutnya, rumpun tak terhingga dari Charmicael number terakhir dikembangkan para akademisi pada 20 tahun lalu.
Apa yang dilakukan Yu ini bukan hal yang mudah. Ia harus menyurati salah satu matematikawan Tiongkok selama delapan tahun untuk mendapat pengakuan atas kemampuannya tersebut. Hingga pada akhirnya, 13 Juni tahun lalu ia mendapat kesempatan presentasi di seminar mahasiswa pascasarjana atas undangan Cai di Zhejiang Univeristy.
sumber : liputan6.com 

No comments:

PT. Sahabat Utama Traco. Powered by Blogger.