Perjalanan Sejarah Kalkulator Casio

Casio dikenal sebagai produsen alat elektronik yang terbesar dari Jepang. Dari banyaknya jenis alat elektronik yang diproduksi Casio, salah satu produknya yang paling terkenal adalah kalkulator. Sebelum terkenal dengan jam tangan kalkulatornya yang banyak digunakan orang saat ini, pada tahun 1950an Casio mulai menciptakan kalkulator. Berikut ini adalah perjalanan sejarah kalkulator Casio sejak awal hingga sekarang.

Pada tahun 1967, Casio memproduksi kalkulator dengan nama Casio AL-1000. Ini adalah kalkulator pertama yang dapat deprogram dan menggunakan transistor diskrit dan memori inti magnetik.

Setelah Casio AL-1000, Casio kembali menciptakan sebuah kalkulator yang dinamakan Casio Mini. Saat dirilis pertama kali di tahun 1972, Casio Mini menjadi kalkulator termurah dengan harga dibawah $100 pada saat itu. Casio Mini hanya dapat memuat 6 digit bilangan dan tidak memiliki tombol poin desimal.

Kalkulator yang diproduksi oleh Casio berikutnya adalah Casio AL-8. Kalkulator Casio AL-8 ini dikenal sebagai kalkulator Casio pertama yang dapat melakukan hitungan pecahan.

Sekarang kita mengenal Casio dengan produk jam tangan yang digabungkan dengan kalkulator. Pada tahun 1976, Casio pertama kali menciptakan sebuah kalkulator bernama Casio CQ-1 yang digabungkan dengan jam dan stopwatch.

Dua tahun berikutnya Casio kembali melakukan sebuah inovasi dengan menciptakan kalkulator yang memiliki ukuran sebesar kartu ATM. Dengan kalkulator Casio berukuran kecil seperti itu, pengguna kalkulator dapat dengan mudah dan leluasa membawa kalkulator karena dapat di taruh di dalam tas dan tidak memakan banyak tempat.

sumber : vintagecalculators

No comments:

PT. Sahabat Utama Traco. Powered by Blogger.